Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger

2
38

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger – Mungkin kamu pernah bertanya, ketika ingin download aplikasi WhatsApp di play store. Pertanyaan yang sering muncul, denapa dari developer yang sama mengeluarkan dua aplikasi WhatsApp yang berbeda? Kedua aplikasi tersebut adalah WhatsApp Business yang ber-logo B dan WhatsApp Messenger biasa yang berlogo gagang telepon.

Aplikasi Whatsapp business ini sebenarnya masih termasuk bocah baru di dunia aplikasi perpesanan instan. Tim mereka baru merilis fitur dan app-nya pada September 2017 yang lalu. Penyebarannya pun tak tak merata ke sleuruh negara di dunia, melainkan hanya dipilih 5 negara saja awalnya. Yang membanggakan adalah Indonesia termasuk dalam 5 negara uji coba WhatsApp Business tersebut dan menjadi satu-satunya dari Asia. Sedangkan 4 negara lainnya dari Amerika dan Eropa. Baca download aplikasi gbwhatsapp

Seperti namanya, aplikasi WhatsApp business ini diperuntukkan khusus bagi para pelaku bisnis. Mereka disediakan ruang khusus dnegan beberapa fitur yang berbeda dibandingkan yang ada pada WhatsApp biasa. Fungsinya adalah untuk memperlancar interaksi mereka dengan para customer. Kamu mau tahu lebih jauh tentang WhatsApp Business? Mari kita intip sejenak, perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger berikut ini. Baca Juga : 7 Trik Rahasia Whatsapp yang Harus Kamu Tahu .

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger

1. Yang pasti Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger pertama adalah pada logonya

Jelas kamu lihat jika logo keduanya tidak sama satu dengan yang lain. Meskipun latar belakang atau background gambarnya masih serupa, yani berupa gelembung seperti ikon chat, tapi fokus ikon yang di tengah berbeda. Seperti yang telah sedikit kita jelaskan sebelumnya, WhatsApp Business menggunakan ikon sederhana berbentuk huruf B. Sedangkan WhatsApp Messenger memakai logo bergambar silouet gagang telepon.

2. Pesan Otomatis, fitur keren yang memungkinkanmu untuk memberitahukan info penting ke customer

WhatsApp Business dibekali dengan beberapa fitur yang menarik dan sangat berguna bagi kelancaran komunikasimu dengan para pelanggan. Salah satunya adalah yang bisa kamu lakukan dengan fitur pesan otomatis. Fitur yang satu ini harus kamu manfaatkan ketika mungkin kamu sedang libur atau sibuk mengerjakan yang lainnya.

Pada saat dimana kamu tak sempat membalas chat dari pelanggan, maka pesan otomatis ini akan mewakili. Kamu bisa memberitahukan kepada mereka kapan kamu mulai kembali ON. Kamu juga bisa mengenalkan kembali produk-produk dari bisnismu kepada mereka atau promo terbaru yang tersedia untuk pelanggan.

3. Biar customer gak jengkel nunggu balasanmu yang terlalu lama, aktifan saja fitur Balas Cepat

Fitur balas cepat ini bisa merekam riwayat chat mu dengan kata kunci yang sama pada setiap chat yang berbeda.  Lalu fitur tersebut akan memberikan balasan yang sering kamu kirimkan untuk membalas pertanyaan tersebut.  Sehingga tak perlu takut lagi customermu lari karena kamu lupa balas chat mereka, karena pertanyaan umu yang sering disampaikan akan terekam secara otomatis maupun manual beserta jawabnya. Baca Juga : 2 Cara Mengetahui Lokasi Teman Lewat WhatsApp .

4. Laman profil bisnis, fitur keren untuk mengenalkan produk dan jasamu 

Jika pada WhatsApp Messenger biasa kamu hanya akan mendapati adanya fitus nama, status, dan detail kontak saja di WhatsApp Business tidak demikian. Kamu bisa menambahkan beberapa pon dari profil perusahaanmu seperti alamat, deskripsi singkat tentang bisnis yang kamu jalankan, kontak layanan, dan lain sebagainya.

5. Tentukan nama yang akan kamu pajang di akun WhatsApp Business, karena nantinya nama tersebut tidak bisa diganti

Poin penting ini harus kamu perhatikan dan selalu kamu ingat ketika saat pertama kali mendaftar akun WhatsApp Business. Setelah download aplikasinya, jika ingin menggunkan aplikasi tersebut otomatis kamu harus mendaftar dahulu. Perintah pertama yang harus diselesaikan adalah memasukkan nomor telepon. Lalu, akan masuk kode verifikasi melalui inbox pesan di HP kamu.

Bacaan Lainnya :

Masukkan kode verifikasi tersebut. Selanjutnya layar akan otomatis berpindah, dan kamu diwajibkan untuk mengisi kolom Nama Tampilan. Pikirkan dulu kamu ingin gunakan nama apa, karena kedepannya nama tersebut paten dan tidak bisa diganti lagi. Jadi gak kayak WhatsApp biasa yang bisa kamu rubah sehari sampai ribuan kali.

Nah, sekiranya itu yang bisa kita bagika ke kamu, sobat pembaca Intechmi. Jadi, setelah mengetahui Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger ini, menurut kamu bagaimana? Apakah aplikasi ini membantu? atau mungkin sama saja?

2 KOMENTAR

  1. Watshaap saya gak bisa di buat tlfn/ vc..cuma bisa chat doank gmna solusinya.
    Terdpat tulisan sayangnya,whatshap berhenti padahal idah di unnistal ke setelan pabrik

    • Mungkin memori internal kamu penuh gan, atau bisa juga whatsapp kamu didapet bukan dari appstore smartphone. Coba deh pakai cara ini

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here