5 Tips Merawat CPU Komputer Anda Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

0
66

Pada kesempatan kali ini  admin akan membahas bagaimana Tips Merawat CPU Komputer supaya awet dan juga tahan lama. Central Prosessing Unit atau yang biasa disingkat sebagai CPU, merupakan salah satu perangkat keras pada komputer yang berguna untuk melaksanakan dan juga menerima data dan perintah dari perangkat lunak. Keberadaan CPU di dalam perangkat komputer sangat penting adanya. CPU bagaikan roh atau nyawa  komputer. Tanpa adanya CPU komputer tidak akan bisa berfungsi. CPU mengatur seluruh aktivitas komputer agar berjalan sebagaimana mestinya.  

Komponen dan Fungsi CPU

  • Casing CPU : terbuat dari bahan plastik, namun ada beberapa yang terbuat dari besi atau stainless. Casing CPU berguna untuk melindungi semua komponen  di dalam CPU dari debu, panas, air, kotoran ataupun hal lain yang dapat merusak sistem dan kerja CPU. Selain itu casing CPU juga berguna untuk meletakkan dan memasang motherboard, optical disc drive, hard disk, power supply, dan lain sebagainya.
  • Prosessor : merupakan komponen penting yang ada di dalam CPU, tanpa adanya prosessor komputer  tidak bisa bekerja sama sekali. Semua proses dan juga perintah tetap dikerjakan oleh prosessor meski dibantu dengan komponen-komponen lainnya. Jika semakin cepat komponen ini bekerja, maka semakin cepat komputer memproses data
  • Kipas Prosessor : kipas prosesor merupakan bagian dari sebuah prosesor. Komponen tersebut berguna untuk membantu kinerja prosesor utnuk mendinginkan dan menjaga agar suhu tetap terjaga dan stabil. Dengan suhu yang stabil,  komputer bisa lebih awet tidak  mudah rusak dan menghindari overheat.
  • Motherboard : merupakan papan sirkuit, dimana pada bagian ini komponen elektronik dan komputer dipasang agar dapat dihubungkan satu sama lain. Komponen inti didalam motherboard yaitu hard disk, prossesor, sound card, video card, dan lainnya. Motherboard juga berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen komputer agar dapat berhubungan dan bekerja satu sama lain.
  • RAM (Random Acces Memory) : RAM memiliki peranan untuk menyimpan data sementara yang sebelumnya sudah terbaca oleh prosessor sebelum dilanjutkan ke komponen lainnya. Kapasitas penyimpanan RAM dapat diganti menjadi lebih besar atau lebih kecil sesuai keinginan anda. Tetapi juga harus disesuikan dengan jumlah maksimal RAM untuk motherboard yang ada.
  • Hardisk : Jika diibaratkan smartphone, hardisk sama dengan sd card. Dimana komponen ini berfungsi untuk menyimpan berbagai data dan sistem operasi dari perangkat komputer. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin banyak pula data-data yang bisa disimpan. Ukuran hardisk bervariasi, ada yang 250 GB, 500GB, 1TB hingga 3 TB.

Beberapa komponen lainnya yang terdapat pada CPU yakni Optical Disk Drive, VGA Card, sound card, dan power supply.   Banyak orang yang cenderung kurang merawat CPU pada komputer mereka, alhasil komputer dengan cepat dan mudah mengalami kerusakan bahkan komputer baru sekalipun. Tentu anda tidak ingin mengalami kejadian seperti itu? Maka dari itu, yuk ikuti tips  berikut ini

Baca juga :  Addons anti maling untuk firefox

Tips Merawat CPU Komputer Agar Awet dan Tahan Lama

 

1. Rutin Membersihkan CPU

Jika anda sering pergi ke warnet, pasti sering melihat CPU komputernya terlihat sangat kotor. Benar bukan? Walaupun tidak semu warnet seperti itu. Ketika anda menggunakan CPU yang kotor pasti sangat terasa perbedaannya daripada menggunakan CPU yang lebih bersih. CPU yang kotor, sistem kerja pada komputer tersebut kurang maksimal, sering nge lag, dan berbagai permasalahan lainnya. Bakteri-bakteri yang terdapat pada CPU tersebut bisa merusak setiap komponen yang terdapat didalam CPU. Jadi, jika anda memiliki komputer sendiri di rumah, jangan lupa untuk membersikan CPU komputer dengan rutin. Tidak lupa, bersihkan juga power supplynya. Setidaknya lakukan pembersihan selama 6 bulan sekali. Jika ingin aman, anda bisa membersihkannya melalui tukang servis.

Baca juga : Mengenal Teknologi Li-Fi, Teknologi Masa Depan Pengganti Wi-Fi

2. Menggunakan Stabilizer

Merawat CPU bisa menggunakan stabilizer. Penggunaan komputer sangatlah bergantung pada aliran listrik. Aliran listrik terkadang tidak stabil sehingga menyebabkan kerusakan dalam waktu yang singkat. Apalagi jika komputer anda teraliri listrik secara terus menerus. Solusinya, anda bisa menggunakan stabilizer atau stavolt untuk menstabilkan tegangan arus listrik pada komputer tersebut.

3. Pasang Kabel Ground

Mengapa memasang kabel ground? CPU yang terlalu panas jika dipegang bisa saja menyebabkan tangan anda tersengat listrik yang bisa melukai tangan  anda. Hal ini disebabkan karena adanya aliran listrik yang tinggi hingga sampai ke bagian CPU tersebut. Maka dari itu, sebaiknya pasanglah kabel ground supaya lebih aman.

4. Jangan Mematikan Sembarangan

Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana seharusnya mematikan komputer itu, mematikan komputer tidak boleh dilakukan secara asal agar tak merusak komponen komputer. Mencabut langsung kabel yang ada di CPU adalah suatu kesalahan yang fatal yang menyebabkan CPU menjadi rusak berat. Pastikan anda mematikan komputer sesuai prosedur dan dengan langkah-langkah yang tepat. Dimulai dari menekan tombol shut down hingga power sampai mematikan CPU. Pastikan anda lakukan secara berurutan tidak diloncat-loncat.

5. Taruh CPU Ditempat yang Sejuk

Menaruh CPU sebaiknya ditempat yang sejuk. Jauhkan dari panas matahari ataupun hal-hal lain yang menyebabkan CPU menjadi panas. CPU yang diletakan di tempat yang terlalu panas menyebabkan cepat rusaknya benda tersebut. Menaruh diruangan ber AC bisa jadi pilihan yang tepat.

Penutup

Menjaga dan merawat CPU sebaik mungkin merupakan hal wajib buat anda yang kesehariannya menggunakan komputer. Jika anda tidak ingin komputer anda cepat rusak, maka merawat CPU adalah hal mesti dilakukan. Sekian artikel tentang 5 tips merawat CPU komputer, semoga kelima tips diatas bermanfaat bagi anda semua.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here