7 Hal Penting Sebelum Custom Rom Android

0
76

Sejak awal dikenalkan pada publik, sistem operasi yang terkenal dengan sebutan khas teknologi si robot hijau ini memang telah menyita perhatian para pengguna gadget. Berawal dari sebuah inovasi besutan Android.Inc, android semakin memperlihatkan taringnya setelah resmi di akui oleh Google pada tahun 2005 silam. Dalam perkembangannya Google mengadaptasi sistem kernel linux pada teknologi OS yang dibuat khusus untuk perangkat komputer tablet dan gadget smartphone ini.

Di Indonesia sendiri, smartphone berOS android hingga saat ini masih merajai pangsa pasar teknologi tanah air. Masyarakat dari berbagai latar belakang umur, status sosial, dan pendidikan kini sudah tak asing lagi dengan smartphone android. Bukan tanpa alasan, android memang salah satu teknologi yang kaya akan banyak manfaat. Android jugalah yang mampu merubah fungsi utama perangkat telepon genggam, dimana awalnya hanya sebagai sarana untuk mempermudah komunikasi saja, kini sudah berkembang menjadi alat yang bisa banyak dipakai untuk melakukan berbagai macam aktivitas, baik aktivitas pekerjaan maupun sebagai sarana hiburan yang sangat menarik.

Tak jauh berbeda dengan sistem operasi lainnya seperti windows, android juga mengalami perkembangan dalam segi teknologi dan fitur yang dikategorikan dengan berbagai macam versi yang berbeda. Dari awal dirilis dengan versi 1.5 Cupcake hingga saat ini sudah masuk ke versi yang terbaru, yakni versi 8.0 Oreo. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini secara singkat juga akan kami sertakan informasi penting untuk para sobat pembaca berkaitan dengan tingkatan versi android dari versi pertama sampai versi terbaru.

Tingkatan Versi Android

1. Android 1.5 Cupcake
2. Android 1.6 Donut
3. Android 2.0 Éclair
4. Android 2.2 Froyo
5. Android 2.3 Gingerbread
6. Android 3.0 Honeycomb
7. Android 4.0 Ice Cream Sandwich
8. Android 4.1 Jellybean
9. Android 4.4 KitKat
10. Android 5.0 Lollipop
11. Android 6.0 Marshmellow
12. Android 7.0 Nougat
13. Android 8.0 Oreo

Baca Juga : 10 Fitur Keren Android Oreo

Update versi android ini bisa kalian lakukan secara otomatis jika perangkat support dengan upgrade versi terbaru, namun jika ternyata update firmware untuk smartphone tidak kalian dapatkan, adalah satu teknik yang bisa kalian gunakan untuk bisa merasakan android versi terbaru yang sebelumnya tidak bisa kalian lakukan pada perangkat smartphone kalian. Cara ini adalah yang sering disebut dengan CUSTOM ROM. Apa itu custom rom? Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk kalian yang belum paham.

Custom Rom adalah…

Sebuah file modifikasi sistem android yang dilakukan oleh pihak ketiga dan bukan berasal dari developer resmi. Custom rom ini bisa berupa sistem operasi meliputi versi android lengkap dengan fitur-fitur yang ada pada sebuah perangkat smartphone android lainnya. File ini disesuaikan khusus untuk dapat dipasang pada perangkat smartphone android yang berbeda. Misalnya adalah custom rom Cyanogen, atau contoh yang lebih mudah diterima adalah custom rom dari perangkat Xiaomi MIUI 9 yang bisa dipasangkan pada perangkat android Andromax ES.

Lalu, apa saja manfaat custom android yang bisa kita rasakan?

Manfaat Custom Rom Android

1. Tampilan yang menarik

Mendapatkan variasi tampilan android yang menarik dari custom rom. Ini sangat berguna bagi kalian yang sudah bosan dengan tampilan asli dari perangkat android yang dimiliki.

2. Fitur baru yang menarik


Berbagai macam fitur yang tidak terdapat pada stock rom bawaan android sebelumnya, akan bisa kalian nikmati setelah menginstall custom rom dari perangkat android yang versinya lebih baru dan memiliki update fitur yang lebih banyak lagi menarik.

3. Akses Root


Dengan melakukan custom rom, otomatis kalian juga sudah melakukan aktivitas rooting untuk perangkat android. Rooting android ini sangat berguna bagi kalian yang hobi oprek android dan gemar menginstall aplikasi-aplikasi tertentu yang membutuhkan akses root saat pemasangannya. Buat teman – teman yang mau root ponsel androidnya bisa baca arikel sebelumnya Kenapa Android Harus Diroot dan Cara Root Android Semua Type

4. dll


Nah, setelah kalian mengetahui sedikit pengertian mengenai custom rom beserta dengan beberapa manfaat yang akan kalian dapatkan, perlu diperhatikan juga beberapa hal di bawah ini sebelum kalian benar-benar menginstall custom rom pada perangkat android. Kondisi yang fatal mungkin saja bisa terjadi jika kalian kurang teliti dan tidak mengindahkan serangkaian tips penting yang perlu dilakukan sebelum custom rom android.

7 Hal Penting Sebelum Custom Rom Android

tips sebelum custom rom 1

1. Perhatikan Kondisi Smartphone

Poin pertama yang perlu kalian perhatikan sebelum memflash android dan mneginstall custom rom adalah periksa dulu kondisi kesehatan perangkat kalian. Apakah komponen hardware android masih benar-benar berfungsi secara sempurna? Karena jika tidak, bukan mustahil nantinya perangkat kalian justru akan rusak dan tidak lagi bisa dinyalakan, alias matot. Perhatikan juga daya baterai kalian, jangan sampai baterai dalam kondisi yang lemah atau kekurangan daya. Proses flashing dan instalasi custom rom membutuhkan waktu rumayan lama, dan perangkat tidak boleh mati karena kehabisan daya sebelum proses berjalan hingga usai.

2. Backup file penting


Jika didalam smartphone masih tersimpan file-file penting seperti pesan sms dari gebetan, catatan hutang, foto kucing lagi mandi, dll sebaiknya pindahkan dulu file-file yang kalian anggap penting tersebut. Karena jika perangkat smartphone kalian diflash dan di install custom rom, maka seluruh file maupun aplikasi yang tersimpan di memory internal akan hilang/terhapus.

3. Lakukan custom recovery

Custom recovery ini adalah aktivitas recovery yang dilakukan dengan bantuan pihak ketiga. Sebelum menginstall custom rom, ada baiknya kalian melakukan mengcover data sistem smartphone kalian. Hal ini akan sangat berguna jika nantinya proses custom rom gagal atau HP kalian bootloop, maka dengan mudah kalian bisa langsung restore sistem dari hasil recovery tadi untuk mengatasinya.

4. Cek custom rom yang akan diinstall

Pastikan file custom rom yang akan kalian install di perangkat android benar-benar bekerja dan tidak terjadi kesalahan seperti file corrupt. Kondisi ini terjadi karena berbagai macam sebab, yang sering terjadi adalah karena file memang belum sempurna, atau karena terjadi kendala saat mendownload hingga menyebabkan file tidak terunduh secara sempurna meskipun telah berhasil didownload.

5. Pastikan custom rom sesuai dengan perangkat android

Ketika kalian mendownload file custom rom di internet benar-benar perhatikan kecocokannya dengan smartphone kalian dari data yang di sertakan oleh si pengupload. Jangan samapai ada perbedaan versi, type, hingga seri, contohnya jika kalian ingin download custom rom ASUS Zenfone untuk perangkat Andromax C3, lalu kalian menemukan custom serupa untuk Andromax C3si. Jangan langsung didownlaod, cari dulu yang benar-benar untuk andromax C3 bukan C3si. Karena terkadang hanya berbeda nomor seri saja, custom rom tidak bisa digunakan karena tidak cocok dengan perangkat.

6. Siapkan firmware asli android kalian

Firmware ini merupakan sebuah file yang didalamnya berisi sistem os android asli. Firmware sangat penting untuk disiapkan sebagai antisipasi jika nantinya perangkat android mengalami kerusakan setelah custom rom.

7. Backup IMEI

Satu resiko berbahay yang bisa saja terjadi setelah melakukan custom rom android adalah, hilangnya nomor IMEI perangkat. Jika ini terjadi, maka smartphone android akan mengalami kerusakan seperti tidak bisa mendeteksi sinyal. Demi mengatasi hal tersebut, sebelum mulai install custom rom, lebih baik backup dulu folder EFS yang berisikan data IMEI.

Nah, jika 7 hal penting sebelum custom rom android diatas sudah kalian lakukan, kini kalian sudah siap untuk mulai aktivitas flashing hingga custom rom perangkat android. Silahkan kalian baca update kami tentang Cara Mudah Custom Rom Android untuk langkah-langkah detailnya .

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here