7 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak

0
41

Tips Merawat Baterai Laptop, Baterai merupakan salah satu komponen yang berperan dalam kinerja suatu laptop. Baterai dan laptop memiliki hubungan yang saling berkaitan. Jika diibaratkan baterai merupakan sumber tenaga laptop agar bisa bekerja secara maksimal. Bayangkan jika tanpa baterai, tidak mungkin komputer mini ini bisa hidup dan dijalankan oleh manusia.

Karena begitu pentingnya sebuah baterai laptop, maka menjaganya supaya tetap awet merupakan suatu keharusan. Namun sayangnya, banyak orang yang cenderung mengabaikan dan tidak peduli tentang hal ini. Padahal, menjaga kualitas sebuah baterai adalah hal penting agar tetap awet dan tidak cepat rusak. Untuk itu, admin ingin membagikan sedikit informasi bagaimana merawat baterai laptop agar tahan lama. Bagaimana tipsnya?

Tips Merawat Baterai Laptop

1. Jangan Hidupkan Laptop Terus Menerus

Sesibuk apapun anda, dan itu mengharuskan untuk menyalakan sebuah laptop dalam waktu lama, usahakan untuk tidak terus-menerus menyalakannya. Apa alasannya? Jika laptop bekerja secara paksa padahal sudah tidak memiliki kemampuan pasti akan menurunkan kinerjanya. Laptop juga sama seperti manusia yang bisa lelah dan juga capai. Jika sudah begini tentu akan berpengaruh buruk terhadap kinerja laptop itu sendiri.

2. Jangan Pernah Biarkan Daya Baterai Habis Hingga 0%

Terkesan sepele, mungkin anda beranggapan jika baterai yang habis sama sekali tidak ada masalah, toh masih bisa dicharger. Jika anda beranggapan seperti itu, maka hilangkanlah. Tidak ada yang benar jika anda menghabiskan baterai hingga kosong sama sekali adalah suatu kewajaran, tentu hal itu sangat berbahaya. Komponen-komponen yang terdapat di dalamnya bisa saja rusak dan menurun kualitasnya. Agar hal itu tak terjadi, isi daya baterai saat sudah mencapai 20%

3. Gunakan Charger Asli/Original

Hati-hati dalam membeli charger sebuah laptop, jangan sampai anda membeli yang bukan benar-benar charger sesungguhnya alias charger palsu/kw. Hal itu sangatlah berbahaya. Jenis charger seperti itu mengakibatkan arus listrik jadi tidak stabil dan baterai lebih mudah rusak karena adanya lonjakan listrik yang over ataupun terlalu kecil. Untuk itu, pastikan anda benar-benar membeli yang original.

Bacaan pilihan: 

 

4. Perhatikan Suhu Saat Mengisi Daya

Temperatur atau suhu menjadi satu diantara sekian faktor yang juga mempengaruhi kerja baterai laptop anda. Untuk itu, selalu jaga suhu laptop anda agar tetap stabil. Jangan biarkan laptop berada pada lingkungan suhu yang terlalu panas ataupun terlalu dingin. Kondisi tersebut bisa membuat laptop bekerja lebih keras daripada biasanya, jika sudah seperti ini pasti daya baterai terkuras lebih cepat sehingga daya tahannya semakin berkurang bahkan hilang.

5. Aktifkan Mode Power Saver

Pada keadaan normal, mayoritas laptop windows diatur dalam keadaan mode balance. Kamu bisa mengubahnya ke mode power server. Bagaimana caranya? Anda bisa mengaturnya melalui Panel Control atau dengan mengklik icon baterai pada taskbar di bagian bawah layar, lalu pilih mode Power Saver. Hampir semua laptop sudah memiliki fitur ini. Dengan mengaktifkan mode ini, anda dapat memperpanjang masa baterai dan juga menghemat baterai di kala kritis.

6. Cabut Charger Saat Sudah 100%

Jangan berpikiran jika pada saat baterai diisi dan sudah mencapai 100% maka tidak masalah jika tidak dicabut karena sudah dalam keadaan full. Baterai memang sudah penuh, tetapi aliran listrik terus mengalir pada laptop dan juga baterai tersebut. Jika aliran listrik mengalir secara terus-menerus tanpa henti akan membuat baterai berumur lebih pendek. Saat melakukan pengisian, pastikan laptop dalam keadaan mati agar pengisiannya bisa lebih maksimal.

7. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Pasti anda pernah membuka aplikasi di dalam laptop, belum selesai aplikasi tersebut dimanfaatkan anda membuka aplikasi kedua, ketiga, dan keempat. Kebanyakan orang melakukan hal ini agar lebih efektif dan efisien dalam menjalankan tugasnya yang berhubungan dengan aplikasi tersebut. Tetapi, justru membuka banyak aplikasi sekaligus bukanlah hal yang bagus, terutama dari sisi baterai.

Melakukannya membuat baterai berumur lebih pendek karena membuka banyak aplikasi berarti sama saja menguras daya baterai menjadi lebih banyak daripada biasanya.

Penutup:
Jangan pernah sepelekan masalah baterai, Kemampuan dan Kinerja suatu gadget seperti laptop contohnya, juga ditentukan dari baterai. Jika dalam kondisi bagus, maka laptop akan bekerja dengan lebih baik. Berbeda jika baterai dalam kondisi yang buruk, pasti kinerja laptop tidak akan maksimal. Demikian ketujuh tips merawat baterai laptop semoga bermanfaat dan menjadikan laptop anda tahan lama dan berumur panjang.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here