8 Teknologi Smartphone Terbaru yang Harus Anda Ketahui

0
35

Pada kesempatan ini, admin akan membahas seputar teknologi smartphone terbaru 2018. Smartphone atau yang disebut juga sebagai ponsel cerdas merupakan suatu telepon genggam yang memiliki kemampuan dan fungsi mirip dengan sebuah komputer. Sesungguhnya, belum ada pabrik yang bisa mendefinisikan makna dari sebuah smartphone. Ponsel dengan tipe seperti ini di masa sekarang banyak sekali di gunakan, mulai dari kalangan muda hingga kalangan dewasa. Tak berbatas sampai disitu saja, teknologi yang dikembangkan juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dan untuk tahun 2018 ini, setidaknya ada beberapa teknologi smartphone terbaru yang akan diluncurkan. Apa saja?

Teknologi Smartphone Terbaru 2018

1. 5G

teknologi 5G, teknologi smartphone terbaru 2018
Teknologi 4G LTE yang ada pada saat ini nampaknya masih akan terus berkembang. Dan untuk tahun 2018 ini, teknologi 5G pada smartphone akan diuji coba di beberapa negara (bukan termasuk Indonesia). Negara-negara tersebut diantaranya yaitu Korea, China, dan Amerika Serikat. Teknologi smartphone terbaru tentang suatu jaringan nampaknya akan terus berkembang dan bukan tidak mungkin pada 2019 sudah bisa digunakan di Indonesia.

Baca juga : mengenal teknologi lifi, teknologi pengganti wifi masa depan

2. Smartphone Lipat

Smartphone Lipat Samsung
sumber gambar : faktualnews.co

Di tahun 2018 ini, beberapa produsen smartphone disinyalir bakalan meluncurkan suatu teknologi smartphone yang baru yakni dengan menggunakan layar OLED fleksibel. Samsung, disebut-sebut yang pertama kali menjadi peluncur tipe smartphone lipat layar OLED fleksibel. Menurut kabar, pada akhir tahun 2018 ini teknologi smartphone lipat keluaran samsung siap diluncurkan dengan kelengkungan 1 R yang bisa dilipat kedalam layaknya kertas. Selain itu Apple dan LG juga dikabarkan tertarik untuk mengembangkan dan meluncurkan perangkat serupa.

3. Face Recognition

teknologi face Recognition pengganti fingerprint
Sumber Gambar : money.cnn.com

Sebenarnya sudah ada teknologi finger print atau sidik jari pada sebuah smartphone yang sudah dikembangkan, namun nampaknya hal itu belum membuat produsen smartphone merasa puas. Teknologi fingerprint dianggap sudah tak lagi canggih. Karena hal itulah, pada tahun 2018 ini akan dikembangkan suatu teknologi smartphone berbeda yang bertakjub “Face Recognition”. Ponsel apple telah menggunakan sistem teknologi smartphone ini yang dikenal dengan sebutan Face ID. Beberapa vendor lain juga diprediksi akan mengikuti diantaranya Xiaomi, Oppo, dan Huawei.

4. Kamera Ganda Setara dengan DSLR

Sebenarnya sejak tahun 2017 kamera ponsel smartphone sudah sangat canggih dan memiliki resolusi tinggi. Namun teknologi smartphone  yang berkaitan dengan kamera ini akan terus dikembangkan dalam beberapa tahun ke depan. Bahkan teknologi kamera ini mirip dengan kamera profesional seperti DSLR. Untuk saat ini, akan salah satu jenis ponsel yang memiliki kualitas kamera yang mendekati kualitas kamera DSLR, smartphone tersebut yaitu Advan G2 yang menghasilkan gambar jernih layaknya hasil jepretan Digital Single Lens Reflex

5. USB Type C

USB type lama yaitu port USB Micro-B atau 2.0 diprediksi tidak akan lagi menjadi tren di tahun 2018 ini. Sebagai gantinya, ada USB type C sebagai teknologi smartphone terbaru yang akan menggantikan USB tipe lama tersebut. USB tipe terbaru memiliki banyak keuntungan dalam penggunaannya, diantaranya dapat digunakan dalam posisi bolak balik, berbeda dengan tipe 2.0 yang Hanya bisa digunakan menghadap ke atas. USB juga bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone, disinyalir untuk USB Type C membuat proses pengisian baterai menjadi lebih cepat.

Baca juga : 5 cara mempercepat kinerja android lemot

6. Augmented Reality

Augmented Reality ini disebut juga sebagai teknologi realitas buatan. Sudah banyak perusahaan di bidang teknologi yang menerapkan AR. Untuk menggunakan teknologi smartphone yang satu ini, pengguna smartphone membutuhkan perangkat yang dilengkapi dengan kamera. Hasilnya, pada layar ponsel akan muncul objek imajiner setelah aplikasi yang memiliki teknologi AR sudah diaktifkan oleh pengguna.

7. Kapasitas Baterai yang Lebih Besar

Smartphone dikenal sebagai ponsel canggih, namun sayang memiliki kelemahan dari sisi daya tahan baterai. Untuk itu, akan dikembangkan baterai dengan kapasitas yang lebih besar yang bertujuan untuk membuat baterai bertahan lebih lama karena isi/kapasitasnya yang lebih besar. Teknologi smartphone terbaru ini akan mengorbankan desain smartphone itu sendiri, dimana ponsel harus dibuat bongsor untuk mengakomodasi baterai yang menggelembung. Tentu hal ini membuat penikmat ponsel cerdas merasa kurang suka. Mereka lebih suka desain yang tipis dan ramping agar lebih mudah masuk ke saku. Selain itu desain yang ringan membuat ponsel mudah di bawa kemana-mana.

Baca juga : cara menghemat baterai android

8. Asisten Digital yang Lebih Pintar

Sebenarnya teknologi asisten digital sudah dikembangkan sejak 2017 oleh banyak perusahaan teknologi. Sebut saja Apple dengan Asisten Digital Siri, Samsung dengan Bixby, Amazon dengan Alexanya, dan masih banyak lagi. Namun kemampuannya masih sangat terbatas, namun pada tahun 2018 teknologi smartphone terbaru yang sehubungan dengan hal tersebut akan lebih ditingkatkan. Asisten Digital yang baru dapat mengerjakan tugas lebih banyak dan mengeluarkan suara yang sangat mirip dengan manusia. Selain chipset khusus akan dipasang guna menangani al dan juga machine learning.

Penutup

Demikian 8 teknologi smartphone terbaru 2018 yang diprediksi bakal berkembang, semoga kita bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, tanpa merusaknya sedikitpun.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here