Cara Mematikan dan Menyalakan Kembali Firewall Di Windows

1
39

Firewall atau dalam bahasa indonesia biasa di sebut sebagai dinding api adalah sebuah sistem perangkat lunak yang digunakan untuk mengizinkan lalulintas jaringan yang di anggap aman ataupun memblokir/mencegah lalu lintas yang di anggap tidak aman.

Selain untuk mengatur lalulintas jaringan firewall ternyata bisa memblokir software ilegal, jadi kalau temen – temen mendownload aplikasi ilegal seperti crack dan inject dan software tersebut di anggap ilegal oleh firewall, maka dengan mudahnya software tersebut terblokir. Jadi anda sama sekali tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut jika anda sedang mengaktifkan firewall di windows anda.

Baca : Cara Menampilkan File / Folder Tersembunyi Di Windows

Secara default setelah install ulang firewall ini akan akitf, tujuan dari firewall ini sebenarnya adalah untuk melindungi PC anda dari serangan hacker atau virus. Dari sisi lain memang firewall ini sangat menguntungkan anda, tapi terkadang menjengkelkan juga kalau lagi enak – enaknya mau buka tool untuk meng crack game tiba – tiba di block oleh firewall ini, nah ini kok jadi menjengkelkan ya. Nah, saya punya solusi buat anda yang sedang mengalami masalah seperti ini.

Sebenarnya mematikan firewall di windows itu sangatlah berbahaya apalagi kalau anda tidak tau sedang membuka aplikasi / tool apa, apakah tool tersebut aman?? apakah tool tersebut terbebas dari virus?? tapi kalau anda memang benar – benar yakin dengan tools tersebut atau bahkan tool tersebut di ciptakan oleh teman anda sendiri?? nah jika anda yakin dengan tools tersebut maka tidak ada salahnya jika anda mematikan firewall ini untuk sementara.

Loh kenapa kok harus sementara?? sudah saya jelaskan dari paragraf tiga diatas, kalau fungsi utama firewall ini adalah untuk melindungi PC anda dari serangan luar. Jadi kalau anda memang benar – benar yakin ingin mematikan firwewall ini saya amat sangat sarankan untuk mematikannya untuk sementara saja, dan langsung mematikannya kalau sudah selesai dengan tools tersebut. Gitu saja sedikit penjelasan tentang firewall ini sekarang kita akan membahas tentang cara mematikan dan menyalakan kembali firewall di windows leptop / PC

Baca : Cara Membersihkan Sampah Di Windows 

Cara Mematikan dan Menyalakan Kembali Firewall Di Windows Leptop / PC

  1. Tekan tombol super / klik tombol start lalu ketikkan firewall di kolom pencarian
    cara mematikan dan menyalakan kembali firewall 02
  2. Nanti akan muncul jendela baru seperti screenshot di bawah ini
    cara mematikan dan menyalakan kembali firewall
  3. Klik Turn Windows Firewall On Or Off
  4.  Setelah itu pilih Turn off Windows Firewall ( Not recomended) atas dan yang bawah, samakan seperti ss di bawah ini
    cara mematikan dan menyalakan kembali firewall 04
  5. Kalau sudah tinggal klik tombol OK
  6. Done, sekarang firewall sudah berhasil di matikan..

Gampang kan?? hmm.. coba lihat hasilnya, kalau sama seperti screenshot di bawah ini berarti anda sudah berhasil.

cara mematikan dan menyalakan kembali firewall 06

Nah itulah cara mematikan windows firewall, terus gimana cara mengaktifkannya kembali. Caranya gampang banget, anda tinggal mengulangi sampai langkah 4 dan pilih “Turn On Windows Firewall”. Kalau anda males baca atau nggak paham dengan tutorial bergambar diatas anda bisa menyimak video berdurasi kurang dari 10 menit di bawah ini  :

Baca juga : Antivirus Terbaik Di Windows

Akhir kata

Semoga artikel tentang Cara Mematikan dan Menyalakan Kembali Firewall Di Windows Leptop / PC hari ini bisa membantu menyelesaikan masalah anda, kalau ada langkah yang masih belum jelas jangan ragu untuk menanyakannya via komentar di bawah ini. Jangan kawatir, komentar anda pasti saya jawab paling lambat 7 hari / satu minggu setelah anda mengirim pertanyaan di kolom komentar

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here