Cara Menampilkan Semua File dan Direktori Menggunakan Terminal

0
60
menampillkam semua file di linux
menampillkam semua file di linux

Terminal merupakan tools build-in pada linux yang bisa di gunakan untuk mengoperasikan linux dengan menuliskan perintah cli(command line interface). Ada banyak sekali commmand yang bisa anda pelajari untuk mengoperasikan console di linux, tapi untuk hari ini saya akan share cara menampilkan seluruh file dan direktori pada terminal. Mari simak tutorial berikut ini.

Adapun dalam mempraktekkan tutorial ini saya menggunakan spesifikasi seperti berikut

  • OS         : Linux Mint 18.1 KDE Edition (64bit)
  • console : Terminator

Untuk menampilkan file menggunakan perintah console ini ada beberapa pilihan, tapi untuk kali ini hanya ada 2 command yang akan kita pelajari.

Cara Menampilkan file/dir menggunakan console

Cara pertama yaitu menggunakan perintah “ls” perintah ini akan menampilkan seluruh file dan folder yang ada di direktor linux anda. Di bawah ini screenshot yang saya ambil langsung dari console

console

Nah itu hanya akan menampilkan semua file dan folder yang sebelumnya belum ke hidden, atau tidak berawalan ” .” jadi folder/file yang berawalan titik akan terhidden secara otomatis, dan kalau anda menggunakan perintah “ls” saja anda tidak bisa menampilkan semua file/folder tersembunyi. Untuk bisa menampilkannya anda bisa menggunakan cara ke dua ini.

Baca Juga : menjalankan beberapa perintah sekaligus di terminal linux

Cara kedua ini bisa menampilkan seluruh file dan folder yang tersembunyi, ketikkan “clear” lalu enter untuk membersihkan console. Lalu anda bisa mengetikkan perintah “ls -a” untuk menampilkan seluruh file yang ada, bahkan file tersembunyi yang sebelumnya tidak ada sekarang anda bisa melihatnya dengan jelas.

console1

Perintah ini sebenarnya hanya digunakan utuk memastikan keberadaan file saja, jadi ini sama sekali tidak berpengaruh pada file – file anda. Contohnya jika anda sedang melakukan perintah untuk memindahkan file ke direktori tertentu, maka setelah memindahkan file tersebut ada baiknya jika anda memastikan kalau seluruh file yang barusan anda pindah tersebut sudah terpindahkan ke tempat yang anda inginkan.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here