Gak Perlu ke Service!! Begini Cara Memperbaiki Sound Laptop yang Mati

0
31
Gak Perlu ke Service!! Begini Cara Memperbaiki Sound Laptop yang Mati

intechmi.net | Cara Memperbaiki Sound Laptop yang Mati – Pasti sebel banget ya kan, kalau pegang laptop tapi gak ada suaranya. Lah terus buat apa tuh laptop? Apa iya main game perang backsoundnya dangdut, dari radio sebelah? hehe… Aneh banget dong! Eits, jangan khawatir karena denagn membaca tips berikut ini kamu bisa memperbaiki sound laptop yang mati tanpa perlu datang ke tempat service. Hemat plus tambah pengalaman, siapa tahu bisa bikin usaha service laptop sendiri. Ya kan?

Langsung saja yuk, simak cara memperbaiki sound laptop yang mati dibawah ini. Ingat!! Jangan di skip ya, biar paham bener. Setuju?

Cara Memperbaiki Sound Laptop yang Mati

Semakin hari, kebutuhan seseorang akan teknologi gadget mobile memang kian meningkat. Ini tentu menjadi satu peluang terbaik untuk para vendor dan developer memproduksi berbagai macam produk gadget mobile, termasuk laptop. Namun sayangnya, banyaknya varian atau merk laptop tak serta merta berjalan seiring dengan kualitasnya. Faktanya, banyak perangkat laptop yang murah dengan iming-iming spesifikasi tingkat dewa tapi gampang sekali ngadat. Salah satu kendala yang sering terjadi adalah sound laptop yang mati, suara laptop yang mati, speaker laptop pelan, sampai sound laptop tak terdengar sama sekali.

Jangan dulu tergesa-gesa membawa laptop kamu ke tempat service jika mengalami kendala seperti diatas. Coba saja mengatasinya dengan cara memperbaiki sound laptop yang mati berikut ini. Simak langkah-langkah selengkapnya!

Langkah-Langkah Memperbaiki Sound Laptop yang Mati

1. Cek Volume dan Default Device

Pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan pengecekan secara menyeluruh pada bagian speaker sound laptop yang mati. Coba masuk dulu ke bagian pengaturan volume dan device. Bisa jadi suara sound yang keluar dari speaker laptop terdengar sangat pelan dikarenakan kamu lupa kalau sebelumnya mengecilkan atau bahkan mematikan volumenya. Periksa juga device output yang kamu gunakan, kalau kamu sebelumnya merubah default device outputnya ke headset tentu suara tak akan terdengar pada speaker laptop.

Cara cek default device ini sangatlah mudah. Kalau kamu menggunakan laptop dnegan OS Windows 7, pergi ke hidden icon di taskbar bagian bawah sebelah kiri. Klik kanan pada ikon speaker, lalu pilih opsi Playback Device. Coba cek, apakah yang ada tanda centangnya device speaker atau headset. Jika yang aktif device headset, pindahkan ke speaker dengan cara klik kanan lalu pilih Set as default device.

2. Memperbaiki Sound Laptop dengan Cek Driver Sound

Cek juga suara dengan menggunakan headset. Kalau suara tetap tidak muncul baik pada headset maupun speaker, besar kemungkinan driver sound kamu yang mengalami masalah. Sebaliknya, jika suara muncul pada headset atau speaker eksternal yang tersambung dengan kabel socket maka itu artinya speaker laptop kamu yang rusak.

Kalau kemungkinan kedua yang terjadi, kamu bisa skip dulu bacanya. Tapi kalau kemungkinan pertama yang kamu alami, atau jika suara tetap tidak keluar pada headset, silahkan lanjut ke step berikutnya.

3. Install Ulang Driver Sound

Masalah pada driver sound laptop bisa saja terjadi karena diver corruptcrash atau mungkin hilang karena ter-uninstall. Nah, langkah yang tepat untuk memastikan adlah denagn mengeceknya. Caranya :

  • Klik pada ikon Start Menu. Kemudian klik kanan pada My Computer, lalu pilih opsi Properties.
  • Lalu perhatikan kotak bagian kiri dan pilih Device Manager.
  • cari bagian Sound, video, and Game Controller lalu klik 2x pada menu tersebut. Pehatikan disana apakah ada driver sound yang terinstall. Jika tidak ada maka, kamu perlu menginstall driver soundnya. Namun, jika ada drivernya tapi sound tetap tak nyala, coba install ulang drivernya. Caranya cukup klik kanan pada driver, lalu klik uninstall.

Cara Install Driver untuk Memperbaiki Sound Laptop Yang Mati

Jika kamu ingin menginstall ulang driver sound laptop, siapkan dulu koneksi internet utnuk melakukan update dengan cara yang lebih simple. Masih pada bagian menu Device Manager, carilah opsi Audio Device on High Definition Audio BusKlik kanan pada opsi tersebut, lalu pilih Update Driver. Tunggu hingga proses update berjalan sempurna.
Jika kamu mneggunakan OS Windows 7, biasanya kamu akan perlu menggunakan CD Driver bawaan. CD Driver ini tersedia include dalam paket motherboard yang kamu gunakan. Namun, jika kamu tak punya CD Drivernya, silahkan cari saja file driver di internet, banyak kok!

Tips Leptop Lainnya:

Demikian artikel kali ini tentang cara memperbaiki sound laptop yang mati. Semoga bermanfaat ya! Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here