Google Chrome Rilis Fitur Baru Yang Bisa Mengurangi Penggunaan RAM

By | Februari 7, 2019

Seiring dengan banyaknya fitur baru yang dirilis google chrome, ternyata penggunaan sumber daya pun juga ikut bertambah, nyatanya buka beberapa tab saja bisa mengonsumsi ram 700 MB – 2 GB RAM, terasa lebih berat lagi kalau penggunanya menggunakan RAM dibawah 4GB, buka chrome saja sudah berat apalagi mau buka aplikasi lain.

Dengan hasil seperti ini, sepertinya Google Chrome mulai mendapatkan banyak keluhan dan kritikan dari penggunanya, lalu untuk menjawab keluhan ini Chrome mulai mengembangkan fitur baru.

Di lansir dari ChromeStory, Google sekarang ini lagi membuat peningkatan baru yang dinamai “Disable Best Effort Tasks”, yang mana inti dari fitur ini yakni menahan tugas-tugas terntentu sampai browser Google Chrome tertutup.

Chrome sendiri menjalakan cukup banyak proses di background, misal membagi tab, plugin bahkan ekstensi di prosesnya sendiri. Hal inilah yang menyebabkan penggunaan RAM Google Chrome jadi lebih tinggi. Tapi ketika Flags di Chrome://flags > “Disable Best Effort Tasks” diaktifkan, task dengan prioritas paling rendah tidak dieksekusi.

Artikel menarik lainnya:

Tapi google masih belum mengumumkan secara resmi bagaimana dan kapan fitur ini bakal di rilis, sama seperti fitur baru Never Slow Mode yang sudah admin bahas kemarin, fitur ini juga masih dalam tahap pengembangan di Chrome Experimental. Setidaknya fitur ini kedepannya bisa mengurangi penggunaan RAM di Chrome.

via ChromeStory

 

Category: Tech News Tag: ,
Tomi

About Tomi

Remaja desa yang saat ini sedang menggeluti dunia teknologi. Keahlian saya sebenarnya lebih ke programmer web dan saat ini bahasa pemrograman web yang sering saya pakai HTML | CSS | JS | PHP | MYSQL Tapi hobi juga dengan tweak Android | Linux | Windows. Untuk Game saya sendiri lebih suka main di Android / Windows. Kalau mau tanya-tanya japri aja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *