Hati-Hati! Bug Keamanan WhatsApp Membuat Hacker Bisa Mengirim Pesan Palsu

By | Agustus 23, 2019

Menurut laporan dari Lembaga Penelitian Keamanan yaitu Check Point Research, WhatsApp mempunyai bug keamanan yang bisa membuat hacker mengirimkan pesan palsu ke keamu. Dari laporan lembaga keamanan ini, terdapat dua cara yang bisa dipakai hacker untuk memanfaatkan celah keamanan ini.

ug Keamanan WhatsApp

ug Keamanan WhatsApp

1. Mengganti teks balasan seseorang dan menjadikan penerima mengira kalau kiriman tersebut dikirim dari temannya

2. Memanfaatkan fitur “Quote” saat melakukan percakapan grup untuk mengganti identias si pengirim pesan, bahkan walaupun hacker ini belum menjadi anggota grub.

Atau mudahnya gini gengs, si hacker bisa mengganti teks chat kamu sehingga seakan-akan teks tersebut ditulis orang lain. Selain itu hacker juga bisa mengganti teks chat yang baru saja kamu tulis, tapi hanya jika ada orang yang mengquote pesanmu di dalam chat. Tapi setelah di cek, teks chat tersebut aslinya masih sama. Bingung dengan penjelasan saya diatas? kalau iya kamu bisa menonton video ilustrasi di bawah ini yang menjelaskan bagaimana WhatsApp dikompromikan.

Ngerti juga ya? selain ini ternyata masih ada hal lain yang lebih mengkhawatirkan. Facebook sendiri sampai menyatakan bahwa mereka tidak bisa secepatnya memperbaiki bug keamanan ini. Salah satu member dari 9to5Mac yaitu Ben Lovejoy mengkonfirmasi pernyataan Facebook ini. “Permasalahan WhatsApp karena aplikasi ini menggunakan end-to-end encryption. Celah keamanan bergantung dengan fakta yang mana member grub bisa  membuka bersi yang tidak terenkripsi pesan tersebut. Facebook menyatakan kalau mereka tidak ingin ikut campur dalam serangan hacker dalam aktivitas chatting seperti ini”

Solusi sementara ini yaitu kamu perlu mempelajari cara kerja bug ini dan harus menghindari gub yang memiliki anggota yang banyak dan tidak kamu kenal.

Sumber MSPoweruser

Category: Tech News Tag:
Tomi

About Tomi

Remaja desa yang saat ini sedang menggeluti dunia teknologi. Keahlian saya sebenarnya lebih ke programmer web dan saat ini bahasa pemrograman web yang sering saya pakai HTML | CSS | JS | PHP | MYSQL Tapi hobi juga dengan tweak Android | Linux | Windows. Untuk Game saya sendiri lebih suka main di Android / Windows. Kalau mau tanya-tanya japri aja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *