Inilah Cara Mengatasi Laptop yang Tiba-Tiba Mati Sendiri

0
47
Inilah Cara Mengatasi Laptop yang Tiba-Tiba Mati Sendiri
Inilah Cara Mengatasi Laptop yang Tiba-Tiba Mati Sendiri

Cara Mengatasi Laptop yang Tiba-tiba Mati – Kejadian laptop mendadak mati tentu saja bukanlah kejadian baru yang dialami oleh pemakai komputer versi kecil ini. Ketika bekerja di hadapan laptop baik mengetik ataupun melakukan hal lainnya dan saat itu juga secara tiba-tiba laptop menjadi mati sendiri. Kejadian yang anda alami tersebut tentunya bukanlah tanpa sebab, setidaknya beberapa hal berikut yang memicu laptop tiba-tiba mati

Penyebab Laptop yang Mendadak Mati

1. Laptop Terlalu Panas

Keadaan laptop yang terlalu panas atau yang disebut overheat bisa menjadi penyebab laptop anda mendadak mati dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan pada bagian prosessor melakukan shutdown otomatis saat dirasa laptop mengalami peningkatan suhu yang sudah terlampau tinggi. Hal tersebut memang dialami oleh prosessor generasi lama, sedangkan untuk yang baru sistem sudah semakin canggih sehingga masalah pengelolaan panas pada laptop mudah untuk diatasi. Namun akan lebih baik jika buat suhu laptop menjadi stabil dengan cara penggunaan yang wajar dan tidak berlebihan

2. Rusaknya Prosessor

Prosessor merupakan bagian penting dari sebuah laptop. Joka prosessor sudah bermasalah, pasti akan berdampak pada laptop itu sendiri. Laptop menjadi lemot dan yang paling parah laptop bisa saja mati. Hal tersebut tentu saja bukan hal yang baik, karena hal itulah melakukan pengecekan rutin bagian prosessor sangat perlu untuk dilakukan. Selain itu jangan lupa melakukan perawatan secara berkala untuk memastikan tidak adanya masalah pada prosessor laptop anda.

3. RAM Bermasalah

RAM juga bisa jadi pemicu laptop anda menjadi mati sendiri. Hal ini biasanya disebabkan karena terlalu bnayak debu debu dan kotoran yang masuk ke dalam laptop sehingga bisa mengotori RAM. Jika RAM sudah kotor maka kinerja laptop semakin menurun bahkan bisa membuat laptop error dan tiba-tiba mati.

4. Motherboard Bermasalah

Biasanya masalah pada motherboard terjadi pada laptop yang sudah berusia tua. Aktivitas multitasking menjadi penyebabnya sehingga menguras kinerja laptop. Motherboard untuk laptop lama biasanya memiliki komponen yang kurang update. Apalagi jika penggunaan laptop yang terlalu banyak menggunakan aplikasi atau game yang berat pasti lambat laun laptop menjadi mudah rusak dan sering mati sendiri.

Artikel pilihan :

5. Baterai Rusak

Biasanya disaat daya baterai telah menunjukkan presentase 15% kebawah , sistem windows pada laptop memberikan peringatan agar laptop segera untuk dicharger, namun terkadang tanpa ada peringatan apapun tiba-tiba saja laptop menjadi mati sendiri. Selain itu jika baterai memang sudah benar-benar rusak, bukan tidak mungkin saat baterai masih dalam keadaan full laptop menjadi mati sendiri. Untuk itu, perawatan baterai sangat perlu untuk dilakukan.

Cara Mengatasi Laptop yang Tiba-tiba Mati

Setelah anda mengetahui penyebabnya, kini saatnya anda mengetahui bagaimana cara mengatasinya, beberapa hal yang harus anda lakukan yaitu :

1. Jangan Biarkan Laptop Dalam Suhu Tinggi

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa suhu yang tinggi (terlalu panas) merupakan salah satu penyebab mengapa laptop anda mati secara tiba-tiba. Untuk mengatasinya, selalu perhatikan kondisi suhu laptop yang anda miliki, pastikan dalam keadaan stabil, jangan terlalu panas. Caranya, gunakan sewajarnya. Matikan laptop saat tidak digunakan, dan hentikan aktivitas menggunakan laptop dikala temperatur yang sudah tinggi.

2. Mengganti Prosessor

Prosessor yang rusak tentu tidak dapat anda gunakan lagi, untuk itu membeli prosessor bsru adalah hal tepat untuk anda lakukan. Apa bisa jika hanya dilakukan perbaikan saja? Mungkin saja bisa, tapi tergantung tingkat kerusakan prosessor itu sendiri. Jika sudah benar-benar rusak total maka perbaikan tidak bisa dilakukan sekalipun anda membawanya ke tempat service laptop terbaik sekalipun.

3. Bersihkan RAM dan Komponen-komponen Lainnya

Banyaknya debu dan kotoran yang masuk ke dalam laptop membuat masalah terjadi pada laptop anda, mengatasinya tentu saja harus dilakukan pembersihan pada bagian RAM dan komponen lainnya misalnya colling pad. Buka terlebih casing laptop dan lakukan pembersihan dengan menggunakan kuas secara perlahan. Hati-hati dalam melakukannya, jika anda merasa tidak mampu silahkan meminta bantuan kepada orang yang sudah berpengalaman untuk membersihkan laptop anda.

4. Ganti Motherboard

Motherboard juga merupakan salah satu hardware penting yang dimiliki oleh suatu laptop. Bagi laptop yang sudah uzur komponen ini memang sering mengalami masalah sehingga membuat laptop mudah mati. Solusinya, anda harus menggantinya dengan motherboard yang lebih baru. Namun ada beberapa yang menyarankan sebaiknya membeli laptop baru karena harga motherboard yang hampir sama dengan harga sebuah laptop

5. Selalu Rawat Baterai Anda

Baterai juga perlu diberi perhatian khusus dan diberi perawatan agar tidak cepat rusak sehingga mengurangi kualitasnya. Menjaga baterai laptop tetap awet bisa anda lakukan dengan memperbaiki kebiasaan buruk yang membuat baterai menjadi cepat rusak diantaranya jangan biarkan laptop digunakan secara terus menerus tanpa diberi jeda istirahat, segera mengisi daya saat beterai sudah mulai lemah, cabut charger ketika baterai sudah penuh 100%. Dengan melakukannya maka resiko laptop mengalami masalah akan berkurang.
Selengkapnya tentang cara merawat laptop dapat anda baca disini.

Penutup

Kunci dari mengatasi hal ini sebenarnya hanya 1, yaitu sayangi dan rawat laptop anda dengan sebaik-baiknya. Jika terawat dengan baik sudah pasti kemungkinan terjadi masalah pada laptop pasti akan terminimalisir. Sekian penjelasan tentang cara mengatasi laptop yang tiba-tiba mati sendiri semoga bermanfaat bagi pembaca.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here