Kenapa Android Harus Diroot dan Cara Root Android Semua Tipe

0
80

Beberapa diantara kalian pasti ada yang masih ragu untuk melakukan aktivitas rooting untuk perangkat android. Beragam alasan yang mendasarinya, tapi yang paling banyak adalah karena takut android akan rusak dan tak bisa lagi dinyalakan. Namun, sebenarnya itu tak perlu kalian khawatirkan. Justru dengan melakukan rooting, akan lebih banyak lagi fungsi android yang bisa kita eksplorasi. Tidak percaya? Coba simak penjelasan tentang beberapa alasan kenapa android harus di root berikut ini.

Kelebihan Root Android

1. Menghapus Bloadware


Bloadware adalah sebuah program baik yang berbentuk aplikasi atau apa saja yang tertanam secara default di dalam sistem android, atau bisa juga disebut aplikasi bawaan. Aplikasi – aplikasi seperti ini biasanya sudah terinstall langsung di HP android kalian bahkan sejak pertama kita membelinya. Untuk menghapus aplikasi asli atau bawaan ini tidak bisa seketika, walaupun dengan cara yang biasa kita lakukan seperti saat menghapus aplikasi biasa. Aplikasi bawaan ini hanya bisa dihapus jika telah melakukan rooting di perangkat android kita.

Sedangkan aplikasi bloadware yang tidak dihapus, terkadang dapat membebani kinerja komponen-komponen sistem dalam perangkat, seperti RAM dan memory internal. Dengan menghapus aplikasi bloadware ini, secara tidak langsung kalian sudah membuat kinerja RAM lebih ringan dan kapasitas penyimpanan memori menjadi lebih lega dari sebelumnya.

2. Mempercepat Kinerja Android


Pada poin sebelumnya sudah sedikit kita singgung, jika aplikasi bawaan android bisa sedikit menjadi beban bagi kinerja sistem perangkat. Nah, dengan meroot android, aplikasi bloadware tadi bisa kalian hapus, ini juga menjadi salah satu langkah yang dapat meningkatkan kecepatan akses android. Selain itu, untuk mempercepat perangkat android kita bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, seperti halnya Greenify. Tapi, aplikasi-aplikasi seperti ini hanya bisa kita pasang pada perangkat yang telah di root, karena ketika menginstallnya aplikasi tersebut perlu mendapatkan izin admin. Sedangkan akses izin user untuk aplikasi hanya bisa diubah pada android yang telah di root.

3. Akses File Sistem dan Modifikasi Android


Aktivitas rooting android bisa juga diartikan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk membuka kunci sistem pada perangkat, sehingga jika kunci tersebut telah dibuka, kita yang awalnya hanya sebagai user biasa bisa melakukan beberapa aktivitas yang hanya bisa diakses oleh developer perangkat tersebut.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here