Mengganti Perintah Terminal Linux Sesuka Hati

0
57
Mengganti Perintah Terminal Linux Sesuka Hati

Siapa sih yang tidak suka dengan jalan pintas, seandainya anda ingin pergi ke tempat saudara atau temen pastinya akan memilih jalur terdekat supaya hemat bensin. Selain hemat bensin, pastinya hemat waktu juga. jadi bisa di simpulkan jika pekerjaan bisa di permudah kenapa memilih yang lebih sulit?? itulah ilustrasi yang bisa saya gambarkan untuk tips tentang linux kali ini.

Seperti judul yang sudah saya tuliskan di atas, kita akan membahas tentang tutorial supaya kita bisa lebih cepat dalam mengetikkan perintah di terminal linux.

Tutorial ini saya dapat dari temen di surabaya, ceritanya begini. waktu itu saya sedang mengetik perintah di terminal linux untuk membuka aplikasi Sublime text perintahnya seperti ini Sudo /opt/sublime_text/sublime_text ,sebelum saya enter temen saya ngasi saran buat mempersingkat saja katanya kalau di ketik segitu banyak bakal makan waktu yang lama. Nah dari situlah saya mulai menguprek linux dengan bantuan teman saya itu, pasti anda sudah penasaran gimana sih caranya supaya kita tidak terlalu banyak menulis perintah di terminal linux. Simak tutorial di bawah ini ya, dan perhatikan juga semua langkah-langkahnya supaya nantinya tidak gagal.

Mengganti Perintah Terminal Linux Sesuka Hati

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka Terminal linux dengan menekan tombol CTRL+ALT+T secara bersamaan.
  2. Nah disitu anda akan melihat sebuah console yang biasa di sebut dengan Terminal, langsung saja ketik perintah Sudo gedit .bashrc (kalau di suruh memasukkan password silahkan masukkan saja password anda)
  3. Di file .bashrc silahkan geser ke baris paling bawah, kamudian tambahkan teks alias nyekrip=’sudo /opt/sublime_text/sublime_text
    Mengganti Perintah Terminal Linux Sesuka Hati
  4. Terakhir tekan tombol save.
Mungkin anda yang sedang membaca artikel ini masih belum tahu dengan script yang barusan anda tambahkan diatas, saya akan menjelaskannya yaitu
alias nyekrip=’sudo /opt/sublime_text/sublime_text‘ ” ada tiga warna yang terdapat pada script di atas, dimana tiap – tiap warna memiliki fungsi masing – masing juga. perhatikan list berikut ini :
  • alias = ini adalah script bawaan jangan pernah ganti script ini dengan teks apapun.
  • sudo /opt/sublime_text/sublime_text  = kalau yang ini adalah script asli yang nantinya di ganti dengan teks nyekrip
  • nyekrip = di teks ini anda bisa menggantinya dengan teks apapun, ini lah yang nantinya bisa anda ketik di Terminal dan bisa menggantikan perintah yang berwarna biru diatas
Kesimpulannya, jika anda mengetikkan nyekrip di terminal anda seperti menuliskan perintah sudo /opt/sublime_text/sublime_text ,nah pastinya anda sudah paham dengan penjelasan saya ini.
apakah tutorial nya sudah selesai??
Jawab: Belum. Tutorialnya masih ada lanjutannya lo, jadi setelah anda mengedit file .bashrc langkah selanjutnya adalah seperti ini :
Mengganti Perintah Terminal Linux Sesuka Hati
  1. Ketik Source .bashrc

Setelah itu anda bisa langsung mengetikkan perintah yang sudah anda set di .bashrc tersebut.

Tutorial linux lainnya:

Selamat mencoba, kalau masih gagal dengan cara diatas anda bisa menanyakannya langsung melalui kolom komentar di bawah artikel ini. Semoga artikel Mengganti Perintah Terminal Linux Sesuka Hati bermanfaat untuk anda semua, jangan lupa share ya guys. Terimakasih!

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here