Review Xiaomi : Mana yang Lebih Baik Antara Xiaomi Redmi 4A dan Redmi 4X?

0
29

Review Xiaomi | Kali ini admin akan memberikan ulasan dan perbandingan smartphone Xiaomi, terutama untuk 2 tipe merk yaitu 4A dan juga 4X. Smartphone milik negara yang beribukota di Beijing ini memang dibilang belum terlalu lama mengepakan sayapnya di Indonesia. Namun meski begitu, smartphone ini sudah begitu dicintai oleh masyarakat. Dengan spesifikasi yang mumpuni dan juga kualitas yang tidak perlu diragukan lagi tetapi memiliki harga yang cukup terjangkau

Xiaomi 4A hadir terlebih dahulu ditengah-tengah masyarakat sebelum akhirnya di tahun 2017 muncul lagi xiaomi tipe baru yaitu xiaomi 4X. Dan apakah benar jika seri 4X lebih baik dari 4A ataukah justru 4A yang masih lebih baik? Ataukah sama saja? Daripada penasaran sendiri, lebih baik temukan jawabannya pada pembahasan berikut ini

Review Xiaomi

 

1. Dimensi Ponsel

Jika dilihat dari sisi dimensi, xiaomi Redmi 4A memiliki ukuran 139,9 x 70,4 x 8,5 mm serta memiliki berat 131,5 g. Sementara pada Xiaomi Redmi 4X memiliki ukuran 139.2 x 70 x 8.7 mm dan berat 150 g.

Hal ini menandakan bahwa Xiaomi tipe 4X memiliki ukuran yang lebih berat. Hal ini dimata admin kurang begitu baik, mayoritas masyarakat lebih menyukai ponsel yang ringan dan juga tipis. Jadi, untuk poin ini 4A lebih unggul.

2. Sistem Hardware

Jika dibandingkan dari sisi perangkat keras, Xiaomi Redmi 4X didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 435 Octa-core dengan kecepatan 1,4 GHz, sementara dari sisi RAM tersedia pilihan 2 GB atau 3 GB, dan penyimpanan internal 16 GB atau 32 GB.

Sedangkan Xiaomi Redmi 4A dilengkapi prosesor Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core yang memiliki kecepatan 1,4 GHz, serta didukung RAM sebesar 2 GB, dan penyimpanan internal dengan dua pilihan yaitu 16 GB atau 32 GB. Melihat spesifikasi tersebut, tentu saja Redmi 4X sedikit lebih baik karena memiliki pilihan RAM yang lebih banyak daripada Redmi 4A.

Bacaan pilihan :

 

3. Baterai

Smartphone Xiaomi Redmi 4A yang muncul terlebih dahulu memiliki kapasitas baterai sekitar 3120 mAh. Sementara satu tahun setelahnya Xiaomi Redmi 4X muncul dengan kapasitas baterai yang lebih banyak yaiti 4100 mAh.

Hal ini membuktikan jika dari segi baterai, Xiaomi 4X lebih baik karena semakin besar kapasitas baterai berarti ponsel tersebut dapat bertahan lebih lama. Selain itu Xiaomi 4X memiliki sedikit keunggulan karena adanya fitur fast charging yang tidak dimilikk ponsel xiaomi sebelumnya.

4. Layar dan Sistem Operasi

Xiaomi Redmi 4A memiliki layar dengan lebar 5 inchi yang beresolusi Full HD dan memiliki teknologi IPS LCD, dan hal ini juga dimiliki oleh ponsel Xioami tipe 4A. Sementara dari sistem operasi kedua smartphone ini sama-sama menggunakan sistem operasi MIUI 8 dengan sistem Android 6.0.1 Marshmallow. Jadi untuk hal ini keduanya seimbang.

5. Sensor Fingerprint

Fingerprint merupakan salah satu sistem keamanan dimana perangkat hanya bisa dibuka oleh seseorang yang sudah menancapkan sidik jarinya pada ponsel tersebut. Dalam artian, jika ponsel tersebut dikunci menggunakan sistem fingerprint, maka hanya pemiliknya yang bisa membukanya.

Hal ini dikarenakan setiap orang pasti memiliki sidik jari yang tidak sama. Berbicara teknologi sidik jari, pada smartphone Xiaomi Redmi 4X telah memilikinya yang sebelumnya tidak ada pada tipe 4A. Jadi, lagi-lagi Redmi 4X unggul daripada tipe 4A.

6. Dari Sisi Harga

Soal harga nampaknya merupakan hal paling berpengaruh kepada pilihan masyarakat dalam memilih suatu produk. Harga merupakan salah satu harga yang dipertimbangkan seseorang sebelum memutuskan apakah membeli barang tersebut atau tidak.

Berbicara soal harga HP Xiaomi Redmi 4A yang dijual dengan RAM 2 GB dan Internal Storage 16 GB dihargai 1,5 juta. Harga ini lebih murah daripada Xiaomi Redmi 4X yang dibanderol seharga 1,7 juta rupiah.

Penutup
Dari sedikit review diatas, dapat kita simpulkan bahwa ponsel xiaomi 4X memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan saudaranya jika dilihat dari segi hardware, baterai, dan dari segi keamanan. Sementara Xiaomi Redmi 4A memiliki keunggulan dari sisi body hp yang lebih ringan serta harga yang relatif lebih murah.

Kedua jenis smartphone tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi semua pilihan tetap berada di tangan anda. Pastikan memilih sesuai kebutuhan dan keadaan dompet anda. Demikian sedikit review xiaomi Redmi 4X dan Redmi 4A semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here