Simple Banget! Cara Backup dan Restore Nomor Kontak di Android

0
45

Cara Backup dan Restore Nomor Kontak di Android – Mau ganti HP atau Android rusak dan minta di-flash tapi takut semua kontak di HP hilang? Bisa sih dipindahin atau dicatat satu-satu, lah tapi apa gak capek kalau jumlahnya ribuan? Nah, berikut ini intechmi akan share untuk kamu cara mudah backup atau cara mencadangkan dan restore nomor telepon di android.

Sebenarnya fitur backup kini telah banyak tersedia secara di default di berbagai produk smartphone android. Namun, terkadang para pengguna masih meremehkan manfaatnya. Padahal apapun bisa terjadi dengan perangkat smartphone kamu, jadi biasakan untuk membackup file penting apapun itu. Jaga-jaga kalau sampai tiba-tiba HP kamu rusak dan langsung mati, kamu jadi tak kebingungan karena file penting ikut lenyap.

Oke, langsung saja ya! Berikut ini adalah tips terbaru dari kami tentang cara backup dan restore nomor kontak di android.

Cara Backup dan Restore Nomor Kontak di Android

Backup dan Restore Nomor KontakAda dua cara dengan metode yang berbeda untuk melakukan mencadangkan nomor kontak di android, yaitu dengan cara offline dan online. Cara online tentu saja harus menggunakan bantuan jaringan internet untuk melakukannya. Sedangkan metode offline memanfaatkan fitur bawaan atau fitur default dari setiap perangkat. Nah, berikut ini kami jelaskan satu persatu cara dan langkah-langkahnya!

1. Cara Backup dan Restore Nomor Kontak di Android – OFFLINE

Secara default biasanya, nomor kontak di android akan tersimpan pada sistem perangat. Nah, ini yang membahayakan jika tidak segera dilakukan pembackupan secara rutin. Bayangkan saja, jika tiba-tiba HP kamu bootloop atau tak sengaja masuk ke dalam air dan lalu mati total. Lalu, bagaimana nasib file penting terutama nomor kontak di android kamu? Maka dari itu, backup nomor kontak di android sangat diperlukan.

Baca juga : Tombol Sortcut Android Yang Paling Jarang Di Gunakan

klik import/export

Proses backup offline ini adalah untuk melakukan pencadangan kontak ke dalam Sim Card atau ke Memori Eksternal. Begini langkah-langkah mudahnya!

Pertama, buka menu kontak di smartphone android kamu. Lalu cari opsi Import/Export di dalam menu kontak tersebut. Mungkin pada perangkat yang berbeda tempat opsi yang satu ini juga tak sama. Jadi, cari saja sampai ketemu. Yang pasti namanya Import/Export.

Kedua, Disini kamu bisa memilih kemana kamu akan menyimpan salinan nomor kontak tersebut. Bisa di SIM 1/SIM 2 atau ke SDcard. Saya sih menyarankan untuk simpan saja ke kartum SIM, dengan nomor utama kamu. Pilih Export to SIM1/SIM2 card. Kemudian kamu akan diarahkan ke menu atau nama-nama kontak yang ingin disalin. Klik pada kotak di samping nama kontak sampai muncul tanda centang.

export kontak
export kontak


Ketiga, yang terakhir klik saja OK. Secara otomatis proses backup nomor kontak di android akan berjalan. Tunggu hingga selesai, kemudian cek apakah nomor kontak sudah berhasil disimpan atau dicadangkan.

Baca juga : 10 Aplikasi Android Terpopuler Sepanjang 2018

2. Cara Backup dan Restore Nomor Kontak di Android – ONLINE

Nah, kalau tadi dengan cara offline, yang kedua ini metodenya lain, yaitu pakai cara online. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, cara backup dan restore nomor kontak di android metode online bisa kita lakukan dnegan bantuan jaringan internet. Lalu, mencadangkannya dimana? Bisa ke Google Drive, bisa juga dengan sinkronisasi Gmail. Yang paling simple sih dengan Gmail.

Begini caranya!

Pertama, silahkan kamu buka dulu kontak telepon di android. Lalu pilih menu Setting di dalamnya.

Kedua, dalam menu tersebut kamu akan melihat ada opsi Sync Contacts atau kalau kamu pakai format bahasa indonesia opsi tersebut tertulis Sinkronisasi Kontak. Pilih pada opsi tersebut. Lalu pilih opsi akun yang akan disinkronkan atau dikaitkan. Disini kita pakai akun Google atau Gmail.

Ketiga, agar lebih mudah kamu harus login dulu email yang akan disinkronkan di android. Jadi ketika kamu klik opsi sinkronisasinya, kamu bisa tinggal pilih saja akun mana yang akan digunakan.

Keempat, klik atau pilih opsi Sync Now yang ada di pojok bawah sebelah kiri tampilan.
Terakhir, tunggu saja hingga proses berjalan hingga selesai. Seperti itu cara backup dan restore nomor kontak di android. Ouw iya! Untuk restorenya mudah kok, kamu tinggal buka menu Setting -> Export/Import -> Import From Google.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here