Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas

0
61
Tips Membeli Laptop Bekas

INTECHMI | Tips Membeli Laptop Bekas – Laptop baru-baru ini sudah menjadi benda elektronik yang setara dengan smartphone. Kenapa dibilang setara? Sebab laptop sudah memiliki kegunaan yang hampir sama dengan smartphone dan hampir semua orang bisa memiliki laptop layaknya memiliki smartphone. Harga laptop yang semakin murah dan banyaknya produk bekas yang tak kalah dengan produk baru juga menjadi faktor lain dibalik banyaknya orang yang dengan mudah bisa memiliki laptop.

Namun bagi Anda yang ingin membeli laptop bekas tentu harus lebih jeli. Bukan hanya untuk menghindari penipuan barang tidak dikirim (jika Anda melakukan transaksi online), tetapi juga untuk jaga-jaga agar anda tak salah membeli laptop bekas yang ternyata tidak sesuai dengan keinginan anda.

Nah berikut adalah beberapa tips membeli laptop bekas berkualitas khusus untuk pembaca setia intechmi

1. Masa pemakaian masih sebentar

Sabelum mengecek bagian lain dari laptop bekas yang ingin Anda beli, satu hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu mengecek seberapa lama laptop tersebut telah digunakan.

Jika memungkinkan carilah laptop yang masa pakaianya masih sedikit atau kurang dari 1 tahun. Meski pada dasarnya lama pemakaian tidak menjamin 100% kualitas laptop, namun secara peforma laptop yang masa pakaianya masih sedikit umumnya memiliki peforma yang masih stabil dan maksimal, juga tak ada masalah seperti laptop tiba-tiba mati.

Nah untuk mengetahui masa pekaian laptop, Anda bisa menari tahu dari tahun pembelian yang biasanya terdapat pada struk maupun kardus laptop, atau pada bagian stiker belakang yang menempel di laptop.

2. Periksa fisik body

Tips Membeli Laptop Bekas
Setelah mengetahui masa pemakaian laptop, selanjutnya lakukan pemeriksaan pada fisik body laptop, apakah terdapat goresan atau minus lain? Meski di iklan sering kali tercantum kalimat “mulus terawat” namun sebelum Anda mengeceknya sendiri pastikan Anda tak mudah mempercayai iklan tersebut.

Mengapa? Sebab banyaknya goresan pada fisik body laptop tersebut dapat menggambarkan bagaimana perawatan laptop secara keseluruhan. Bayangkan saja jika bagian bodynya saja tidak pernah dirawat, lalu bagaimana dengan bagian dalemannya? Apakah mendapat perawatan yang seharusnya? Nampaknya tidak ya.

3. Perhatikan spek lengkap laptop

Berbeda dengan ketika Anda ingin membeli laptop baru yang bisa menyesuaikan keinginan dengan produk di pasaran. Saat membeli laptop bekas, sering kali keinginan dan produk di pasaran tak sesuai. Semisal Anda menginginkan laptop dari brand A dan dengan seri XX. Namun ternyata di pasaran hanya ada laptop dengan brand B seri XY, YY atau seri lain yang tak sesuai harapan.

Hal seperti inilah yang membuat Anda harus memahami spesifikasi lengkap dari masing-masing laptop bekas tersebut. Dengan mengetahui spek laptop bekas yang ingin Anda beli, secara tidak langsung Anda juga sudah tahu bagaimana peforma dapur pacu laptop tersebut.

4. Ruang penyimpanan masih longgar

Salah satu resiko yang akan Anda dapat dengan membeli laptop bekas yaitu ruang penyimpanan yang sudah tidak lagi maksimal. Meskipun sudah dihapus secara permanen, namun beberapa salinan file pemilik sebelumnya terkadang masih belum bersih terhapus.

Setidaknya carilah laptop bekas yang masih memiliki ruang penyimpanan lebih dari 50%. Dengan begitu Anda tak harus lagi menghapus aplikasi-aplikasi maupun file yang ada demi bisa menginstal aplikasi baru dan menyimpan file pribadi Anda. Tak hanya itu, Anda juga harus memastikan jika harddisk laptop tidak bad sector. Yaitu kondisi ketika kecepatan read & write (copy move file) begitu lambat. Sebab bukan tidak mungkin, jika kondisi ini terjadi begitu parah laptop akan mudah lag.

5. Baterai masih oke

Tips Membeli Laptop Bekas
Tips Membeli Laptop Bekas
Sangat menjengkelkan pastinya jika Anda membeli barang elektronik bekas yang kondisi baterainya sudah parah sehingga membuatnya harus berulang kali di cas tau bahkan tak bisa lepas dari cas.

Secara umum, kekuatan baterai dari 100% hingga habis pada pemakaian normal, bisa bertahan 2 jam untuk laptop bekas. Nah apabila ketahanan baterai sudah kurang dari minimal waktu tersebut, sebaiknya jangan dibeli.

Selain itu Anda juga bisa mengecek kondisi baterai dengan mencoba memainkan game pada laptop bekas ini, barang 10-20 menit. Jika baterai drop dalam waktu tersebut, sudah bisa dipastikan kualitas baterai buruk. Jika leptop anda sering drop coba 7 Tips Merawat Leptop.

6. Keyboard lengkap dan fungsional

Tips Membeli Laptop Bekas
Satu bagian terpenting pada laptop, keyboard. Terlebih bagi Anda yang banyak melakukan kegiatan writing dan input data, keyboard bisa dikatakan sebagai jantung laptop. Sayangnya kondisi laptop bekas yang sudah tidak bagus sering kali menyisakan masalah pada keyboard, dimana keyboard sudah tidak lengkap dan fungsinya pun sudah tidak maksimal (tidak nyala).

Untuk mengetahui kondisi keyboard, bisa Anda lakukan dengan mencoba mengetik pada Word atau excel. Jika seluruh keyboard masih berfungsi sebagaimana mestinya, lanjutkan ke pemeriksaan lainnya.

7. Touchpad masih OK

Tips Membeli Laptop Bekas
Meskipun dapat menggunakan mouse, namun touchpad menjadi satu bagian laptop yang begitu penting. Bahkan ketika touchpad dalam kondisi buruk atau rusak, kemungkinan laptop lag pun menjadi lebih besar.

Tak sekedar masih berfungsi, namun pastikan pula jika touchpad laptop tersebut masih memiliki respon yang bagus dan cepat.

8. Cek suara dari speaker laptop

Tips Membeli Laptop Bekas
Bagian lain yang tak boleh luput dari perhatian Anda adalah sound yang dihasilkan dari laptop tersebut. Apakah suaranya masih jernih atau sudah banyak mengeluarkan suara-suara aneh bahkan sudah tak mengeluarkan suara?

Cobalah Anda nyalakan lagu atau musik tertentu dan dengarkan tanpa headset. Perhatikan dengan jelas bagaimana kejernihan suaranya. Selain kualitas suara, pegecekan suara ini juga mengajarkan Anda untuk melihat respon penambahan dan pengurangan volume suara. Jangan sampai nantinya Anda harus sering melakukan perbaikan sound laptop.

9. Garansi dan layana purna jual

Tips Membeli Laptop Bekas
Setiap kali Anda membeli laptop baru pasti akan mendapat jaminan dari pihak penjual. Garansi dan layanan purna jual ini bisa dimafaatkan untuk menganggulangi kerusakan serta perawatan apabila terjadi masalah pada laptop baru tersebut. Waktu tenggang garansi laptop sendiri umumnya 2 tahun, namun beberapa juga ada yang menyediakan garansi 3 tahun.

Lalu apa hubungannya dengan laptop bekas. Nah jika Anda membeli laptop bekas yang masih dalam masa garansi pastinya jaminan kualitas produk masih dalam tanggungan toko. Jadi Anda tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu ada masalah pada laptop bekas tersebut.

10. Pastikan laptop bebas virus

Tips Membeli Laptop Bekas
Virus dan malware adalah serangan paling menyebalkan yang bisa dengan mudah merusak kondisi laptop Anda. Meski sudah menggunakan aplikasi anti virus, namun sering kali serangan ini masih mampu menembus pertahanan anti virus.

Jika virus sudah berulang kali masuk dan menyerang daleman laptop, tentu bukan tidak mungkin jika dalam waktu dekat laptop akan rusak. Untuk itulah perlu Anda pastikan jika laptop bekas ini tak memiliki banyak virus ataupun malware.

10 Tips membeli laptop bekas di atas bisa Anda coba jauh-jauh hari sebelum Anda mendapatkan laptop bekas yang sesuai keinginan. Dan untuk jaminan lebih baik, tak ada salahnya jika Anda membeli di tempat teman atau orang yang dikenal. Sedangkan jika Anda terpaksa harus membeli secara online, pastikan rating dan kepercayaan penjual sudah terjamin.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here