Tips Mengoperasikan OS Ubuntu, Pemula Wajib Baca!

0
43
tips mengoperasikan ubuntu untuk pemula
tips mengoperasikan ubuntu untuk pemula

Linux merupakan operating system yang free dan semua orang boleh memakai nya tanpa memerlukan ijin apapun, jadi kalau anda ingin memakai os linux anda tidak perlu membeli lisensi atau mencari crack apapun di internet, cukup dengan mendownload file os nya di situs resminya contoh disini saya menggunakan os linux ubuntu, jadi saya harus menuju situs resminya untuk mendownload dan menginstallnya ke leptop.

Situs resmi dari ubuntu adalah ubuntu.com jadi kalau anda ingin mendownload file iso nya ubuntu anda bisa langsung mendownload nya via situs diatas. Ubuntu merupakan salah satu os linux yang sangat ringan dengan tampilan unity nya yang smooth dan UI nya yang sangat mudah untuk di pelajari, os ubuntu ini sangat cocok sekali untuk para linux yang masih pemula atau pelajar yang baru pindah os ke linux.

Tips Mengoprasikan OS Ubuntu

Pengalaman saya memakai linux ubuntu ini sangat banyak sekali, mulai dari tahap pengenalan aplikasi apllikasi apasaja yang ada di ubuntu tersebut dan beberapa fitur penting yang penting untuk di pelajari jika anda ingin menjadi seorang linuxer sejati. Pada awalnya saya sangat bingung ketika menggunakan os ubuntu ini, itu di karenakan saya dulu dari awal menginstall OS Windows dan hanya terbiasa dengan os windows. Tapi karena sedikit paksaan dari sekolah sekarang saya malah menjadi contoh bagi teman – teman yang ingin menginstall linux dan ingin mendalami linux. Banyak sekali kegunaan dari linux ini mulai dari yang paling sederhana yaitu untuk bermain dengan terminal di linu sampai untuk menghapus firus ganas di flasdisk.

Jika anda memiliki pengalaman yang advance mengenai linux anda pasti mengerti tentang kegunaan dari terminal yang sebenarnya, yap betul sekali fungsi utama dari terminal ini adalah untuk memberikan peritah berupa teks yang nantinya akan di eksekusi oleh system. Contoh perintah dasar dari terminal linux adalah Sudo su yaitu untuk memperoleh hak akses penuh. Banyak kegiatan atau perintah di terminal yang memerlukan akses super user, atau su contohnya ketika anda mengupdate ubuntu ketika selesai menginstall ubuntu. Yaitu dengan mengetikkan  sudo apt-get update  dengan mengetikkan perintah tersebut secara tidak sadar setelah memasukkan password anda akan memberikan hak akses penuh untuk melakukan update secara permanen di ubuntu anda.

Tentang Task manager di linux ubuntu kalau menurut pengalaman saya sendiri tidak terinstall secara default dan hanya memberikan perintah console yaitu ps aux  ketika anda mengetikkan perintah tersebut di ubuntu anda akan melihat banyak sekali aplikasi yang sedang berjalan saat itu, jadi kalau ingin mematikan aplikasi secra paksa anda harus mengetikkan perintah itu di terminal dan mencari uid aplikasi tersebut dan mematikannya secara permanen dengan mengetikkan perintah lagi yaitu sudo kill 2111  biar saya perjelas lagi, dalam perintah tersebut ada 3 baris kata yaitu sudo , kill , 2111 nah dari ketiga kata tersebut anda perhatikan angka 2111 itu adalah angka uid aplikasi yang ingin anda matikan secara permanen. Kesimpulannya ketika anda melakukan perintah seperti saya diatas sesuaikan angka 2111 dengan uid aplikasi yang ingin anda maatikan permanen. kalau anda belum paham anda bisa melihat screenshot di bawah ini.
tentang linux
Sekarang tentang aplikasi software center atau jika di windows bisa biasanya disebut dengan istilah windows store, nah kalau di ubuntu aplikasi ini dinamakan ubuntu software center. Disana anda bisa menginstall aplikasi dengan sangat mudah dan di dukung dengan tampilan GUI yang sangat mudah sekali di pahami bahkan jika anda adalah orang awan saya yakin anda pasti bisa dengan mudah menggunakan aplikasi ini. Ada salah satu hal yang bisa anda perhatikan jika menjelajahi ubuntu software center. Di software center anda tidak akan menemukan game 3D keren seperti Call of duty atau game Brother in arms, dan yang mengecewakan lagi kebanyakan game yang di tawarkan di ubuntu software center berbayar. Dan harus membayarnya melalui credit card dan itulah fitur yang sampai saat ini benar – benar tidak saya sukai.

Selanjutnya adalah mengenai file manager di ubuntu, Kalau di windows anda menyebutnya sebagai File Explorer kalau di ubuntu dikenal sebagai Nautilus. Kalau menurut saya fungsi dan kegunaanya sangat banyak dan memiliki fitur yang tidak kalah menarik dengan File Explorer yang ada di windows, jadi tidak nyesel deh kalau memakai file manager Nautilus. Nautilus ini bisa di akses dengan menggunakan Terminal yaitu dengan mengetikkan perintah Nautilus. Tapi perintah itu hanya digunakan untuk membuka nautilus saja dan sama sekali tidak memiliki akses penuh untuk mengotak atik file root. Kalau anda ingin membuka nautilus dengan akses root anda bisa menuliskan perintah sudo nautilus di terminal anda.  Dengan begitu anda bisa mengakses root dengan hak akses penuh, berarti anda bisa memindahkan file ke direktori root dan menghapus file apapun di direktori root. Kalau anda ingin coba coba untuk menguprek linux mungkin tutorial ini bisa sangat berguna bagi anda.

Tips mengoprasikan file dan folder dengan terminal, saya dulu mengoprasikan file dengan menggunakan nautilus karena di file manager ini kita bisa dengan mudah memindah mencopy dan mendelete file maupun folder dengan sangat mudah. Nah, sekarang sudah tidak perlu nautilus lagi kalau hanya ingin memanagement file hanya perlu terminal dan mengetikkan perintahnya saja saya sudah bisa mengoprasikan file dengan leluasa. Anda ingin mencobanya?? ok, saya akan memberikan tips untuk anda jika ingin memanage file dengan terminal. Pertama adalah tentang cara mencopy file dengan perintah di terminal, cara yang paling dasar yang bisa anda pelajari adalah cara mengcopy file dengan cara mengetik sudo cp [nama file.png] /home/Downloads contoh disamping adalah untuk mengcopy file ke direktori Downloads. Kalau anda ingin mencoba untuk melihat list file yang ada di direktori tersebut anda bisa mengetikkan perintah ls , cek gambar
Tips Mengoprasikan OS Ubuntu
nah itu adalah semua isi dari folder home jika anda ingin berpindah tempat ke direktori lain anda bisa mengetikkan perintah cd Downloads  untuk tulisan Downloads bisa anda ganti dengan nama folder masing masing sesuaikan dengan folder anda.
`Tips Mengoprasikan OS Ubuntu
Perhatikan gambar diatas dengan teliti jika anda ingin mempelajari ini, sekarang di langkah ini anda saya anggap sudah bisa untun membuka folder dan melihat isi dari folder dengan menggunakan terminal. Sekarang cara kembali ke folder sebelumnya, caranya adalah mengetikkan perintah cd ../ di terminal.
Tips Mengoprasikan OS Ubuntu
Nah itulah cara masuk ke direktori, mengcopy file dan kembali ke direktori lain menggunakan terminal linux. selanjutnya adalah cara menghapus file menggunakan terminal linux, mungkin kalian tidak tau atau malah berfikir seperti ini “kenapa harus makek terminal makek nautilus aja tinggal klik kanan delete slesai deh” nah jika anda berfikiran seperti ini mungkin anda tidak akan mengetahui apa dan dimana letak keasikkan menggunakan linux ini. Perintah yang digunakan untuk menghapus file yaitu sudo rm [nama file.xx] nah itu [nama file.xx] silahkan ganti dengan nama file beserta format file yang ingin di hapus menggunakan perintah di terminal linux.
Tips dan trik ubuntu
Lihat dan perhatikan gambar diatas saya menggunakan perintah sudo rm Keimanan-adi-pembeda.jpg itu untuk menghapus file gambar dengan nama Keimanan-adi-pembeda.jpg jadi kalau anda memiliki file dengan nama yang lain silahkan sesuaikan dengan nama file yang ingin anda hapus itu.

Nah mungkin itulah beberapa tips tentang cara memanage file dengan terminal di ubuntu, kalau anda memperhatikan dan mempraktekkan dengan teliti tips yang sudah saya tuliskan di atas saya yakin anda pasti bisa melakukannya di rumah.

Setelah bermain – main dengan terminal linux sekarang saya menjelaskan soal teks editor yang ada di ubuntu ini, teks editor yang anda kenal selama ini adalah Notepad yang secara default sudah terinstall di Windows tapi kalau anda mencari aplikasi notepad di ubuntu itu tidak akan ketemu karena OS ubuntu ini menggunakan editor teks Gedit sebagai defaultnya. Jadi jangan sampai keliru dengan apliakasi in. Walaupun anda mencari nya sampai malampun anda tidak akan menemui aplikasi notepad, kecuali anda menginstall aplikasi notepad ++ di ubuntu dengan menggunakan aplikasi wine. Mungkin lain kali saya akan menjelaskan tentang aplikasi wine ini. Kalau dari fungsi utamanya Wine  adalah aplikasi pihak ketiga yang di install di ubuntu untuk menginstall aplikasi/software/game di ubuntu. Jadi kalau anda menggunakan os ubuntu anda masih tetap bisa bermain game dan menginstall software – software tapi ada cara tersendiri supaya anda bisa bermain game dan menginstall software di wine supaya bisa lebih lancar.

Kalau text editor di ubuntu adalah gedit sekarang kalau microsoft office yang biasa dipakai di windows kalau di linux apa ya?? kalau di linux aplikasi ms office biasanya di kenal dengan istilah open office. Nah di inget – inget lagi ya, jangan sampai salah. Di linx ubuntu memang ada banyak perbedaan mulai dari nama aplikasi – aplikasi nya hingga cara pengoprasiannya. Tapi anda tidak perlu kuatir mengenai ini, jika anda mau belajar dan mau berusaha untuk mempelajari linux ubuntu anda bisa dengan mudah menguasai dengan waktu yang sangat singkat. Jadi pesan saya jangan pernah menyerah ketika mencoba dan membacalah yang banyak karena membaca merupakan hal yang wajib dilakukan oleh orang yang bisa.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here